Desain Rumah Mewah 2 Lantai dengan Kolom Megah

Desain Rumah Mewah 2 Lantai dengan Kolom Megah merupakan solusi untuk bisa menambah ruang di dalam rumah, tanpa harus menambah luas lahan. Oleh sebab itu, desain rumah 2 lantai sudah biasa digunakan atau dipakai oleh masyarakat di perkotaan.

Dalam pembuatan rumah 2 lantai sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah keberadaan kolom praktis. Kolom yang satu ini merupakan struktur kolom yang berfungsi untuk memperkaku dinding terhadap gaya lateral.

Biasanya, kolom ini dipasang pada dinding dengan jarak 3 s/d 4 meter.

Contoh gambar dari desain rumah megah dengan kolom praktis.

jasa desain rumah palembang

 

Untuk ukurannya sendiri, biasanya setebal dinding bangunan, sehingga letaknya tidak terlihat.

Meskipun dirancang untuk memperkaku gaya lateral saja, nyatanya di lapangan sendiri, kolom ini tetap menerima gaya aksial untuk menahan beban ring balk dan atap.

Biasanya, dimensi Desain Rumah Mewah 2 Lantai dengan Kolom Megah yang diperlukan untuk pembangunan rumah megah 2 lantai adalah 15/15 dengan tulangan beton 4 d 10 atau 8-20.

Kolom ini dibuat terus menerus, dari lantai bawah sampai lantai atas. Artinya, letak dari kolom ini tidak bisa diubah atau digeser.

Hal ini dikarenakan akan menghilangkan sifat kekakuan dari struktur rangkanya.

Dalam perhitungannya pun sebenarnya tidaklah begitu rumit. Sehingga, para pekerja bisa mengerjakannya dengan mudah.

Terlebih, jika menggunakan fabrikasi tulangan, tentu akan lebih menghemat waktu pelaksanaanya.

Untuk rumah megah 2 lantai, kolom praktis yang biasa digunakan umumnya berbentuk persegi, dengan tulangan sengkang menggunakan spiral, tulangan pokok kolom dibuat haya tiga batang, dan dicor persegi. Kolom ini biasanya lebih hemat dan lebih stabil.

Dengan kepraktisan yang ada, saat ini sudah banyak toko atau fabrikasi yang menjual tulangan kolom ini.

Jadi, bisa menghemat waktu pelaksanaan di lapangan.

Untuk pembuatannya sendiri ada dua cara. Cara pertama adalah dengan menggunakan bekisting 4 sisi, kemudian kolom dicor terlebih dahulu.

Selanjutnya, pada badan kolom ditanam angkur per jarak 1 meter dari tulangan diameter 8 mm. Setelah beton mengeras, baru dipasang dinding.

Untuk yang kedua, dinding dipasang terlebih dahulu, kemudian dipasang bekisting pada 2 sisi menempel ke dinding dan dicor. Cara yang kedua inilah yang sering digunakan untuk proses pembuatannya di lapangan.

Nah, itulah penjelasan secara singkat tentang Desain Rumah Mewah 2 Lantai dengan Kolom Megah untuk rumah mewah 2 lantai.

Jika anda tertarik menggunakan jasa desain rumah kami, anda bisa kunjungi homepage website RHDesainRumah ini.

Leave a Reply

Close Menu