Desain Rumah Sederhana 8×12, Minimalis Modern

Artikel ini akan membahas desain rumah sederhana di lahan 8×12 meter.

 

Mempunyai rumah minimalis yang memiliki area hijau menjadi impian banyak orang di negara tropis.



Tentunya dengan ventilasi dan pencahayaan yang bagus, rumah menjadi nyaman dan sirkulasinya yang sehat.

Nah, kali ini artikel dari Rhdesainrumah akan membahas desain rumah dua lantai sederhana ukuran 8×12 meter, spesial untuk anda yang memiliki impian mempunyai rumah dengan konsep modern.

Dengan harga terjangkau, rumah yang sangat fungsional dengan 4 kamar tidur ini, cocok untuk anda yang memiliki banyak anggota keluarga yang menginginkan sebuah hunian murah namun tetap nyaman, bagus dan elegan.

Berada di atas lahan ukuran 8×12 meter pada umumnya yaitu ukuran lahan yang masih cukup banyak ditemui baik di kota besar maupun daerah-daerah.

Berikut adalah inspirasi desain rumah sederhana 8×12 m 2 lantai spesial untuk Anda.

 

Denah Rumah Sederhana 8×12

Dengan tetap mengusung konsep sederhana, lantai satu diisi dengan 2 ruang tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dan dapur.

Sisa lahan difungsikan sebagai taman atau area hijau dan carport. Penempatan dua ruang tidur yang tepat, dengan tetap memperhatikan letak jendela sebagai ventilasi udara dan menjaga sirkulasi udara yang sehat.

Ruang tidur berada didekat area hijau, dimaksudkan agar selalu terjadi sirkulasi udara yang baik. Sama halnya dengan ruang tidur, letak dapur seyogyanya di dekat area terbuka.

Penggunaan folding door yang memenuhi satu sisi dinding di dekat ruang makan dan dapur membantu pertukaran udara yang efektif dan juga menambah kesan estetikanya.

Teras yang sempit tak menjadi masalah, ini memaksimalkan penggunaan lahan carport. Letak kamar mandi juga harus strategis dan mudah untuk dijangkau, umumnya yaitu dekat ruang tidur dan dapur.

denah rumah 8x15 lantai1

Selanjutnya, naik ke bagian lantai dua, diisi dengan 2 kamar tidur untuk anak, tempat cuci/jemur, dan balkon.

Setelah menaiki tangga, sisi bagian kanan dan kiri adalah kamar tidur. Sama halnya dengan kamar tidur di lanti satu, kamar tidur di lantai dua juga memiliki jendela sebagai sirkulasi udara.

denah lantai2 8x15

Keluar dari kamar, terdapat sliding door yang menuju ke balkon. Cocok untuk anda yang menyukai suasana chill dan santai, balkon menjadi area yang tepat.

 

Fasad Minimalis Modern, Less is More

Fasad rumah dengan desain modern saat ini banyak diimpikan. Minim lengkungan, didominasi oleh bentuk geometri yang tegas, kotak-kotak dan bersudut. Less is more.

Semakin sederhana, nilai modern suatu bangunan akan semakin bertambah.

Tanpa konstruksi atap genteng, desain rumah minimalis modern kali ini menggunakan atap gelombang non asbes yang dipercantik dengan atap skylight pada area balkon.

Jika dilihat dari fungsinya skylight pada balkon berfungsi sebagai pencahayaan tambahan pada area balkon dan menyalurkan cahaya matahari yang masuk langsung pada area jemuran. Terlihat semakin edgy dan kekinian, kan?

perspektif atas rumah 8x15

Biasanya, rumah konsep modern hadir dengan nuansa minim ornamen, polos, dan bentuk yang tegas.

Menomorsatukan aspek fungsional, sedangkan aspek estetika tidak terlalu berlebihan. Tampilan cat dinding yang berwarna abu, dan batu alam yang memiliki warna senada membuat fasad rumah nampak bersih, sederhana dan minimalis.

fasade tampak depan rumah sederhana modern 8x15

Kusen pintu dan jendela dicat dengan warna coklat tua agar lebih mempertegas tampilan fasad rumah. Pagar juga dipilih dengan gaya minimalis dengan warna hitam agar lebih kontras dan hidup.

 

Desain Interior Ruang Tamu Rumah Sederhana

Ruang tamu yang simple juga difungsikan sebagai ruang keluarga, diisi dengan perabot seperlunya sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pemilihan sofa dan furnitur disengaja polos.

Dinding diimbangi dengan beberapa wall decor yang dipajang.

ruang tamu dan ruang tv simple

 

Desain Interior Ruang Tidur Rumah Sederhana

Perabot yang minimalis juga tampak pada interior ruang tidur. Menempatkan meja dan kursi yang berhadapan langsung dengan jendela merupakan salah satu tips untuk menciptakan kamar yang nyaman dan ideal.

Selain itu dengan adanya pemandangan di luar bisa menyegarkan pikiran Anda selagi berkutat dengan tugas atau pekerjaan.

konsep desain kamar utama

 

Dapur dan Tangga, Ciptakan Dapur Minimalis yang Fungsional

Anda bisa memilih bentuk tangga letter L agar rumah tetap terkesan luas. Area bawah tangga dapat difungsikan dengan baik, yaitu bisa sebagai storage atau tempat penyimpanan, maupun perabot lainnya.

Dengan memaksimalkan fungsi taman belakang rumah, Anda bisa menggunakan roster sebagai dinding pemisah dapur dan taman.

roster di ruang makan dapur

Dapur kecil punya banyak keuntungan, lho! Tentunya, Anda bisa mempersempit ruang gerak Anda saat melalukan aktivitas memasak.

Selain itu, dapur kecil yang sederhana terlihat praktis dan simple. Penggunaan kitchen set letter L adalah solusi yang tepat untuk dapur yang berukuran kecil, karena dapat memberi kesan yang lebih luas.

desain ruang makan dan dapur sederhana

Desain dapur kali ini, menggunakan roster untuk memperlancar sirkulasi udara saat memasak.

Pada sisi belakang ruang makan juga terdapat transparent sliding door yang memenuhi dinding, dapat dibuka lebar maupun ditutup secara kondisional.

 

Stay Chill Out! di Balkon Rumah

Tenggelam dalam bacaan dan wanginya aroma kopi, atau menikmati gerimis sambil minum cokelat panas, adalah bagian dari melepas penat dan lelah setelah beraktivitas seharian.

Maka, balkon yang nyaman pastinya akan menjadi area favorit Anda untuk bersantai.

balkon untuk bersantai

Untuk menambah kesan sederhana dan natural, balkon dilengkapi dengan berbagai tanaman hias dan aksen kayu sebagai lantai maupun tempat duduk.

Sentuhan minimalis modern lainnya adalah penggunakan atap skylight. Tampilan balkon sebagai area terbuka menjadi terlihat stylish and clean look.

Umumnya atap iniĀ  terbuat dari kaca tempered atau laminated. Dalam pemasangannya, atap ini dikokohkan dengan struktur rangka besi hollow/galvanis/stainless, atau baja ringan.

Atap ini difungsikan sebagai pencahayaan alami yang cocok dengan karakteristik rumah tropis.

desain balkon lantai 2 nyaman

Desain rumah sederhana diatas, bisa Anda adopsi saat melakukan perencaanan rumah Anda. Setiap orang tentu memiliki banyak keinginan dalam mewujudkan rumahnya.

Berdiskusi dengan orang yang ahli di bidak perencanaan seperti arsitek akan membantu Anda memberikan gambaran secara realistis, mendetail, dan menyesuaikan keinginan Anda dengan kondisi di lapangan.

Rhdesainrumah menawarkan layanan jasa desain rumah untuk Anda dan siap membantu Anda dalam mewujudkan rumah impian Anda. Semoga bermanfaat!

 

Like & Share Kami di Social Media

Leave a Reply