Desain Rumah Sederhana Elegan 1 Lantai

Desain Rumah Sederhana Elegan 1 Lantai. Tidak sedikit orang yang masih bingung untuk desain rumah dengan 1 lantai. Artikel berikut ini dapat digunakan sabagai tambahan referensi bagi anda untuk men-desain rumah sederhana elegan 1 lantai.

rumah sederhana elegan 1 lantai

Alternatif lain untuk membuat tampilan fasad rumah lebih menarik adalah permainan tekstur dengan menggunakan variasi seperti roster.

Penggunaan roster yang pada umumnya berfungsi sebagai jalur masuk udara luar serta pencahayaan alami ke dalam ruangan. Namun, pada fasad rumah di atas yang sederhana ini, roster digunakan sebagai unsur estetika pada wajah rumah.

Selain terlihat elegan, pemasangannya pun mudah. Variasi atau motif roster bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Roster yang diaplikasikan pada fasad rumah di atas berwarna coklat, diserasikan dengan komposisi warna lainnya. Warna coklat ini memberikan kesan natural dan sejuk pada tampilan muka rumah.

Struktur atap pelana yang disengaja bertingkat juga menambah daya tarik tersendiri.

Penutup atap pelana terbuat dari bahan genteng tanah liat. Keunggulan genteng tanah liat ini antara lain adalah harga terjangkau, tahan cuaca, awet, dan tahan api.

Selain itu, genteng tanah liat juga sering dipakai di Indonesia yang beriklim tropis, karena genteng ini memberikan kesejukan pada rumah.

 

Selanjutnya, keberadaan kantilever yang berfungsi untuk meminimalisir air hujan yang akan masuk melalui jendela dan juga mempertegas bentuk penampilan.

Jendela dipasang penuh sejajar dengan tinggi pintu dimaksudkan supaya pencahayaan alami dapat menembus melalui kaca jendela.

Kesan tegas dan kontras terlihat pada pemilihan warna coklat tua pada kusen pintu dan jendela yang dipadu padankan dengan cat eksterior warna putih.

Pada area halaman depan rumah, terdapat carport dan taman.  Area carport cukup untuk parkir 1 mobil dan 1 motor.

Lantai pada carpot juga dipilih bahan yang anti slip dan bertekstur karena letaknya yang terbuka dan memungkinkan terkena air saat hujan. Dalam keadaan basah itulah, lantai carport menjadi tidak nyaman dan berbahaya karena licin, maka dipilihlah bahan yang bertekstur.

Pada rumah diatas lantai carport menggunakan tekstur plesteran. Sebagai tips, Anda bisa memilih bahan lantai carport seperti batu alam andesit, batu kali lempeng, grass block, plesteran, ataupun paving yang kuat tekan dan tahan beban.

 

Selain carport, juga terdapat taman yang berada di depan teras. Desain taman sangat minimalis, yaitu dengan rumput gajah ataupun rumput jepang dan dapat dilengkapi dengan tanaman kesukaan Anda.

Tanpa adanya taman, tampilan rumah menjadi kurang asri dan sejuk serta rumah terkesan tidak hidup.

Namun, fungsi taman bukan hanya sekadar hiasan. Adanya tanaman yang terdapat di taman ini memberikan kontribusi yang cukup untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi rumah.

Peletakan tanaman juga tidak selalu di area taman. Anda juga bisa menambahkan tanaman di pot yang diletakkan pada teras atau digantungkan pada dinding roster. Tentunya, tanaman tersebut akan semakin mempercantik tampilan fasad rumah.

Silahkan kunjungi artikel desain rumah kami lainnya di website ini untuk tambahan referensi anda.

Leave a Reply

Close Menu