Desain Rumah 6×12 meter

Artikel ini akan membahas seputar desain rumah 6×12 meter.

Stigma masyarakat tentang rumah merupakan sesuatu yang vital bagi kehidupan hidup. Tak heran, banyak orang yang berangan-angan untuk memiliki rumah yang mewah, besar, cantik, dan menarik.

Biasanya, banyak orang berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan huniannya yang mewah tersebut tanpa menyadari hasil akhir yang tidak sesuai dengan rencana.



Nah, jika Anda berpikir untuk membangun sebuah rumah yang besar dan mewah seperti latar di film-film, cobalah untuk berpikir ulang.

Mengapa? Rumah dengan lahan yang ideal, tentunya akan lebih ekonomis dalam biaya perancangan, pembangunan, maupun perawatan dibandingkan dengan rumah besar yang mewah.

Selain itu, ruangan menjadi lebih efektif, efisien, dan lebih fleksibel karena ukurannya yang lebih kecil.

Saat ini, lahan yang cukup luas untuk hunian sangat jarang ditemukan. Salah satu tipe ukuran lahan yang paling banyak dikembangkan para developer yaitu desain rumah 6×12 meter.

Bagi Anda yang memiliki banyak anggota keluarga, yaitu dengan membangun rumah 2 lantai sebagai solusinya.

Atau bagi Anda yang menginginkan rumah sederhana, Anda bisa memilih desain rumah 1 lantai.

Intinya, sesuaikan dengan fungsi dan selera Anda agar tercipta suasana yang nyaman pada rumah.

Desain rumah yang berdiri pada lahan berukuran 6 x 12 meter, biasanya cocok dengan tipe rumah 45 yang artinya bangunan memiliki luas kurang lebih 45 meter persegi.

Desain rumah 6 x 12 ini sangat ideal bagi Anda, para pasangan baru yang ingin membangun rumah karena ukurannya yang pas, tentunya dengan harga yang terjangkau pula.

Nah, bagi Anda yang berencana memiliki rumah yang ideal, berikut ini beberapa desain dari RHdesainrumah sebagai referensi untuk Anda.

 

Denah rumah 6×12 1 lantai

Denah rumah 6×12 1 lantai ini seringkali diterapkan pada desain-desain perumahan sederhana 1 lantai.

Desain ini memiliki ruangan yang fungsional yaitu ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, 2 kamar tidur,  dan 1 kamar mandi dekat dapur.

Selain itu dilengkapi juga dengan carport yang memadai, serta taman di depan rumah maupun belakang rumah.

Untuk Anda yang memiliki anggota keluarga yang sedikit sangat cocok dengan rumah ini.

Dengan sedikit ruangan, Anda bisa memaksimalkan penggunaan ruangan dengan cara mengurangi sekat-sekat atau perabot rumah yang kurang perlu.

Tak hanya itu, karena ruangannya yang los, sirkulasi udara dan pencahayaan menjadi baik. Tentunya, Anda juga tidak akan repot-repot saat membersihkan rumah Anda.

denah rumah 6x12 1 lantai

Opsi kedua, desain ini masih mirip dengan desain rumah sebelumnya yaitu terdiri dari  ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, 2 kamar tidur,  dan 1 kamar mandi, carport, teras, serta taman di depan dan belakang rumah.

Hanya saja, perbedaannya terletak pada tata ruangannya. Dapur terletak di area terbuka belakang rumah yang memungkinkan sirkulasi udara menjadi selalu terjaga saat kegiatan memasak.

Tak hanya dapur, seluruh ruangan diberi ventilasi seperti jendela ataupun angin-angin agar ruangan tidak menjadi lembab dan pengap.

Sekali lagi, banyak sekali keuntungan memiliki rumah minimalis seperti desain di atas.

 

Fasad rumah 6×12 1 lantai

Setelah mengetahui tata letak dan ruangan dari rumah 1 lantai di atas, berikut ini adalah beberapa desain rumah 1 lantai dengan fasad yang cantik dan menawan sebagai referensi Anda.

– Desain rumah type 36 mewah elegan

desain rumah type 36

Rumah type 36 ini mempunyai kesan putih, bersih, dan elegan.

Genteng dari beton flat dengan warna gelap yang sederhana, material ini tahan cuaca dan awet / kuat.

Ventilasi pun juga demikian, dengan berbentuk kotak memanjang yang terkesan sangat minimalis. Jangan lupa untuk memasang list kayu dan kasa supaya nyamuk tidak masuk.

Warna putih pada kusen menyatu dengan nuansa rumah dan terlihat modern.

Rumah diatas  memiliki perpaduan warna putih dengan aksen batu alam berwarna krem yang terlihat serasi.

 

– Fasad rumah mewah elegan 6×12

Rumah satu lantai selanjutnya, terdapat kisi-kisi kayu yang disusun secara vertikal yang menutupi sebagian teras rumah.

desain fasade rumah mewah elegan 6x12

Ini memberikan kesan agar rumah tampak lebih tinggi dan membuat tampilan rumah semakin elegan.

Jika Anda menginginkan untuk memiliki rumah satu lantai yang sederhana, supaya tidak monoton Anda bisa menambahkan batu alam pada dinding untuk menambah kesan elegan dan natural.

Selanjutnya, untuk memaksimalkan cahaya agar masuk ke dalam rumah, Anda bisa mengaplikasikan jendela kaca mati pada bagian bawah atap.

 

– Fasad rumah minimalis klasik 1 lantai

Meskipun dibangun di atas lahan minimalis, rumah ini tetap menyediakan area taman dan carport yang cukup di depan rumah.

rumah minimalis klasik 1 lantai

Sentuhan gaya klasik pada fasad rumah 1 lantai ini terletak pada bagian atap teras.

Bentuk atap limasan yang sengaja ditinggikan, membuat penampilannya terlihat gagah dan kokoh.

Finishing lisplank juga dibuat serapi mungkin. Batu alam andesit diaplikasikan pada kolom teras sebagai elemen dekoratif yang menambah daya tarik pada fasad rumah.

 

– Fasad rumah minimalis modern

Memiliki fasad rumah yang menarik dan tidak membosankan, kuncinya adalah permainan skema warna pada fasad dinding.

rumah minimalis modern lebar 6 meter

Kali ini fasad rumah menggunakan perpaduan warna putih, oranye, dan abu-abu gelap pada batu alam.

Rumah yang sekilas terlihat sederhana ini, terdapat warna oranye yang mencolok pada bagian topi-topi beton yang menerus sepanjang lebar rumah.

Kaca-kaca jendela dibuat tinggi dan besar yang hampir memenuhi sisi dinding. Hal ini memberi kesan modern pada fasad rumah.

Penggunaan atap pelana bertingkat ini terkesan asimetris dan unik. Selain itu, juga menambah daya tarik rumah itu sendiri.

 

– Fasad rumah minimalis modern sederhana

Dinding rumah dengan aksen kotak dan garis, dipadukan dengan atap pelana, membuat rumah sederhana ini terlihat elegan.

rumah minimalis modern sederhana

Bentuk kotak berwarna coklat merupakan aksen rumah yang membuat terlihat tidak polos.

Tak lupa, pada halaman depan rumah, tempatkan beberapa tanaman supaya terdapat suplai udara yang bersih dan sehat pada rumah.

 

– Fasad rumah sederhana yang elegan

Biasanya kita menggunakan roster untuk sirkulasi udara, namun pada desain rumah ini dimanfaatkan untuk mempercantik fasade rumah. Dan pemasangan roster pun cukup mudah.

rumah sederhana elegan 1 lantai

Atap pelana yang dibuat bertingkat atau beda level memberikan daya tarik sendiri.

Kusen pada pintu dan jendela yang berwarna hitam, terkesan tegas dan kontras saat dipadukan dengan cat dinding yang berwarna putih.

Penampilannya inilah yang menambah kesan elegan.

 

Denah rumah 6×12 meter 2 lantai

Kali ini adalah contoh desain denah rumah 2 lantai di lahan 6×12 meter.

rumah 6x12 satu setengan lantai 3 kamar

Desain rumah di atas bisa disebut dengan rumah satu setengah lantai karena pada area lantai hanya diisi dengan 1 ruang tidur saja.

Sedangkan pada lantai 1, diisi dengan beberapa ruangan yang fungsional yaitu teras, carport, ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang makan dan dapur, kamar mandi, ruang  tidur, serta taman di depan dan belakang rumah.

Desain seperti di atas akan cocok untuk Anda yang menginginkan jumlah ruang tidur ekstra saat luas lahan kurang cukup.

Anda bisa menambahkan ruang tidur yang berada di lantai 2. Tiap ruangan juga didesain memiliki ventilasi udara dan media cahaya untuk masuk ke ruangan.

Solusi ini juga menguntungkan bagi Anda yang ingin menciptakan rumah minimalis. Tentunya, ini juga dapat menekan biaya pembangunan dan perawatan. Sstt, Anda juga tidak repot saat bersih-bersih rumah, lho!

denah rumah 2 lantai 6x12

Desain selanjutnya, yaitu rumah 2 lantai 6×12 meter. Pada lantai 1, rumah ini diisi oleh beberapa ruangan, yaitu ruang tamu, ruang keluarga, kamar utama, ruang makan, dapur, kamar mandi dan taman serta carport.

Sedangkan pada lantai2 terdapat 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang keluarga, serta balkon di depan rumah.

Denah di atas didesain sedemikian rupa, sehingga tiap ruangan dapat memiliki ventilasi masing-masing. Dapur diletakkan di belakang rumah dekat dengan taman yang terbuka, sehingga udara dalam rumah tetap terkontrol saat memasak.

Selain itu, penempatan tangga didesain seefektif mungkin, supaya tidak mengganggu ruang gerak atau transportasi dalam rumah.

denah rumah minimalis tingkat 3 kamar

Mirip seperti denah sebelumnya, desain rumah di atas memiliki ruang tamu, kamar utama, ruang makan, dapur, dan kamar mandi, serta taman di lantai 1.

Area dapur terletak di belakang rumah yang didesain cukup luas sehingga ruang gerak menjadi leluasa. Taman belakang dekat dapur juga memiliki luas yang cukup memadai.

Anda bisa menambahkan folding door untuk memisahkan area dapur dan taman, sehingga sewaktu-waktu bisa dibuka dan ditutup sesuai kondisi.

Tangga ditempatkan diantara ruang makan dan dapur. Naik ke lantai 2, terdapat ruang keluarga yang cukup luas, 2 kamar tidur, serta 1 kamar mandi.

Karena luas lahan yang tidak begitu luas, bangunan didesain dengan memaksimalkan penggunaan ruang dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.

denah rumah 3 kamar 2 lantai

Berbeda dengan desain sebelumnya, denah di atas memiliki ruang keluarga dan ruang tamu secara terpisah di lantai 1.

Pintu masuk utama menghadap langsung dengan carport, tanpa adanya teras. Sedangkan di area belakang rumah, terdapat taman kecil terbuka yang mendukung sirkulasi udara didalam rumah.

Ruang makan dan dapur langsung menghadap taman yang terbuka tersebut. Sedangkan kamar mandi terletak disamping dapur.

Tangga berbentuk letter U yang terletak di samping ruang makan.  Naik ke lantai 2, terdapat ruang keluarga, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, serta ruang tempat cuci jemur.

Kedua kamar terletak di depan rumah, dengan jendela yag menghadap ke bagian depan. Kamar mandi terletak persis diatas kamar mandi bawah, sehingga saluran air dan sistem perpipaan menjadi lebih mudah.

Sedangkan ruang keluarga terletak ditengah, terbuka langsung melalui void taman belakang. Atau bisa diganti dengan alternatif penggunaan jendela-jendela yang besar.

denah rumah tingkat 3 kamar dan ada balkon

Desain rumah 2 lantai ini, pada lantai 1 terdapat carport, teras, ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang makan dan dapur yang menyatu, serta kamar tidur utama, kamar mandi, serta tempat cuci jemur.

Tiap ruangan memiliki ventilasi masing-masing, sehingga sirkulasi udaranya tetap lancar. Kamar mandi diletakkan di bawah tangga, dimaksudkan agar memaksimalkan tempat yang ada.

Dapur yang cukup luas dan terbuka berada di dekat void tempat cuci jemur. Bentuk tangga menyesuaikan tempat yang masih kosong.

Naik ke lantai 2, terdapat 2 kamar tidur, ruang keluarga, 1 kamar mandi, serta 2 balkon di depan dan belakang rumah.

Ruang keluarga menghadap ke balkon depan rumah. Salah satu kamar tidur terletak di bagian depan rumah, sedangkan kamar tidur lainnya, berada di belakang rumah dan memiliki akses ke area balkon belakang.

denah rumah tingkat 6x12 meter

Denah rumah 2 lantai di atas, pada lantai 1 hampir mirip dengan desain sebelumnya, hanya saja pada pintu utama rumah di desain menghadap ke samping.

Dapur terletak di belakang rumah dekat dengan taman. Kamar utama memiliki ukuran yang cukup luas. Selain itu, penempatan tangga berbeda dengan denah sebelumnya.

Tangga letter L ini terletak di antara ruang makan dan dapur yang terlihat sebagai pemisah keduanya.

Naik ke lantai 2, terdapat 2 kamar tidur, ruang keluarga, 1 kamar mandi, tempat cuci jemur, serta balkon di bagian depan rumah.

Mengapa kamar mandi tidak berada di atas persis kamar mandi bawah? Ini dimaksudkan supaya kamar tidur memiliki ventilasi seperti jendela untuk sirkulasi udara yang lancar. Maka dari itu, letak kamar mandi di geser ke bagian kanan.

Nah, untuk mendesain tata letak ruangan yang baik, Anda bisa berkonsultasi pada arsitek atau orang ahli pada bidang tersebut.

desain perumahan 2 lantai elegan

Meskipun rumah dua lantai ini  terlihat sederhana, namun jendela kaca pada lantai dua fasad rumah memberikan kesan elegan dan modern.

Sekat antar rumah disamarkan dengan kaca yang ramping memanjang di lantai dua.

Dilengkapi dengan sentuhan aksen kayu di area carport menambah daya tarik pada nuansa abu-abu yang monoton.

Perpaduan batu alam templek dan kisi-kisi kayu menghadirkan suasana natural. Agar rumah tampak lebih hidup, Anda bisa memberikan pencahayaan pada sudut rumah. Selain itu, penampilan rumah juga terkesan hangat.

desain rumah 2 lantai elegan

Desain rumah minimalis 6×12 meter selanjutnya, yaitu suasana putih yang dominan pada fasad. Untuk konsep minimalis, Anda juga bisa menggunakan kayu imitasi sebagai dekorasi eksterior.

Kesannya yang natural dan elegan pada garis-garis serat kayu membuat fasad rumah Anda akan terlihat cantik dan menawan.

Tentunya, Anda bisa memilih motif kayu imitasi sesuai dengan selera Anda karena motifnya sendiri sangatlah bervariasi.

Kayu buatan ini juga memiliki beberapa kelebihan, diantara adalah memiliki kekuatan yang baik terhadap goresan, panas, maupun.

desain rumah 2 lantai mewah elegan

Perpaduan warna abu dan krem pada batu alam dan nuansa putih menambah kesan natural dan mewah pada fasad rumah.

Rumah asimetris dengan bentuk atap sandar yang tidak umum ini malah membuat kesan tegas dan elegan. Rumah 2 lantai ini mengusung konsep minimalis dan tetap kekinian.

Jendela dan lubang kaca bukan hanya sebagai jalan pencahayaan, namun bisa juga mempercantik fasad rumah. Menarik bukan?

desain rumah mewah 6x12 meter

Berbeda dengan fasad sebelumnya, atap rumah menggunakan atap limasan yang semakin terlihat gagah.

Pemasangan lisplang dan gipsum pada bagian atap dak yang dicat berwarna putih juga memberikan efek garis-garis horizontal yang elegan.

Desain rumah mewah ini didominasi oleh batu alam berwarna krem dengan jendela-jendela kaca yang tinggi agar memaksimalkan pencahayaan alami.

Kusen jendela yang dicat warna gelap juga memberi kesan menonjol diantara warna krem dan putih yang mendominasi. Semakin serasi, ya?

perumahan minimalis modern 2 lantai

Suasana hangat pada perumahan minimalis modern 6×12 2 lantai ini membuat setiap orang tak bosan saat memandang.

Pemilihan skema warna coklat pada fasad rumah cocok dipadukan dengan dinding yang berwarna cream. Tampilannya yang edgy, dengan atap limasan yang tegas dan dinding marmer yang terlihat mewah.

Agar lebih menekan biaya, Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan granit dengan motif marmer, lho.

Pada lantai 1 area taman diberi kisi-kisi vertikal dengan aksen material kayu yang memberi kesan natural.

rumah 2 lantai sederhana modern

Selanjutnya, adalah desain rumah 6×12 meter 2 lantai bergaya arsitektur modern.

Ciri-ciri rumah bergaya modern salah satunya adalah memiliki tampilan yang lebih sederhana, minim hiasan / ornamen, dan memiliki elemen garis yang tegas dan bersih.

Desain rumah diatas terdapat banyak jendela-jendela besar dan pintu yang terbuat dari kaca untuk memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah.

Jangan takut untuk memilih warna cerah pada salah satu bagian fasad rumah, karena ini membuat tampilan lebih hangat dan dinamis.

rumah 6x12 2 lantai sederhana

Pada atap lantai 2 memakai atap pelana yang bertingkat. Dengan mengusung konsep rumah sederhana, warna putih mendominasi fasad rumah.

Penggunaan material kayu pada kusen, pintu, dan jendela tampak natural tanpa meninggalkan kesan modern.

Beberapa kayu yang disusun sedemikian rupa dibawah atap dak memberikan efek permainan bayangan dan garis yang menghasilkan kesan natural dan cantik dipandang. Unik bukan?

Rumah dengan desain atap miring juga belakangan mulai banyak digemari.

Sejak munculnya bahan bajaringan yang populer, dan atap lembaran yang ringan dan murah, membuat banyak orang suka menggunakannya.

Atap miringpun menjadi pilihan yang menarik dan terlihat berbeda.

rumah tingkat bentuk modern minimalis

Desain rumah diatas terdapat banyak jendela-jendela besar dan pintu yang terbuat dari kaca untuk memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah.

Karena keunikannya, perpaduan jendela mati pada fasad rumah diatas menjadi pusat perhatian tersediri.

Struktur atap rumah yang berbentuk pelana bertingkat dipilih supaya bagian atas rumah tidak tampil monoton.

Sehingga, atap pelana bertingkat ini mendukung penampilan asimetris yang semakin menarik. Kolom-kolom bagian depan teras tampil berbeda dengan warna cerah yang menonjol.

Jangan takut untuk memilih warna cerah pada salah satu bagian fasad rumah, karena ini membuat tampilan lebih hangat dan dinamis.

 

Jasa desain rumah di lahan 6×12 meter, berkualitas dengan harga terjangkau

Dengan jasa desain rumah anda bisa mendapatkan kualitas desain rumah yang lebih baik.

Kami RHdesain Rumah bisa membantu anda untuk membuat rancangan desain rumah impian.

jasa desain rumah murah

Beberapa contoh inspirasi desain rumah 6×12 meter di atas bisa menjadi pilihan untuk alternatif desain rumah anda

Sudahkah anda merencanakan rumah anda dengan baik? Build your own house with us.

Like & Share Kami di Social Media

Leave a Reply