Desain Rumah Modern Sederhana 6×12

Desain rumah modern sederhana 6×12 adalah salah satu hunian yang saat ini yang banyak digemari masyarakat . Hunian yang simple,

tentunya  memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah membutuhkan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan hunian yang mewah.

Selain itu, biaya perawatan bangunan pun juga jauh lebih murah. Saat ini, konsep rumah yang simple kerap dipadu padankan dengan gaya rumah modern.



Pastinya, dengan ventilasi dan pencahayaan yang bagus, rumah menjadi nyaman dan sirkulasinya yang sehat.

Nah, kali ini artikel dari Rhdesainrumah akan membahas desain rumah dua lantai modern sederhana ukuran 6×12 meter, spesial untuk anda yang memiliki impian mempunyai rumah dengan konsep modern.

Berada di atas lahan ukuran 6×12 meter pada umumnya, yaitu ukuran lahan yang masih cukup banyak ditemui baik di kota besar maupun di daerah-daerah.

Konsep rumah sederhana dengan harga terjangkau, cocok untuk Anda yang memiliki banyak anggota keluarga yang menginginkan sebuah hunian murah namun tetap nyaman, bagus dan elegan.

Berikut adalah inspirasi desain rumah sederhana 6 x 12 m² lantai spesial untuk Anda.

desain rumah modern sederhana 6x12

 

Fasad rumah yang sederhana, yang didominasi warna tan pada dinding rumah membuat tampilan rumah terlihat warm and cozy.

Penggunaan kantilever pada teras dan bagian atas jendela memberikan kesan minimalis pada rumah.

Pada bagian garasi, kantilever dibuat berlubang dan diisi oleh aksen garis-garis supaya pencahayaan alami tetap masuk dengan mudah.

Aksen garis-garis ini juga memberikan nilai estetika tersendiri pada fasad rumah yang diwujudkan pada bayangan garis-garis.

Gaya modern juga didukung pada penggunaan atap miring yang minimalis. Untuk memaksimalkan cahaya matahari agar masuk ke dalam rumah, jendela yang tinggi dipasang pada tiap ruangan.

Tidak ketinggalan, taman juga didesain sederhana di depan teras rumah.

denah lantai 1 rumah modern sederhana 6x12

 

Pada area lantai 1, rumah difokuskan untuk ruang bersama. Lantai 1 ini terdiri dari beberapa ruangan, yaitu ruang tamu, ruang utama, kamar bawah, kamar mandi, serta taman.

Nah, untuk Anda yang menyukai rumah dengan sedikit sekat, desain dari Rhdesainrumah kali ini bisa menjadi referensi bagi Anda.

Ruang utama atau bisa disebut juga dengan ruang bersama merupakan jantung rumah atau tempat pusat  kegiatan di dalam rumah.

Ruangan ini menyatukan ruang makan, ruang keluarga, dan dapur. Sehingga, aktivitas penghuni dipusatkan pada area ruang utama ini.

denah lantai 2 rumah modern sederhana 6x12

 

Selanjutnya, beranjak ke lantai 2 yang terdiri dari beberapa ruangan yang tersekat-sekat, yaitu kamar utama, 2 kamar anak, kamar mandi, serta tempat cuci dan jemur.

Setelah menaiki tangga, terdapat koridor yang menghubungkan 3 kamar dan tempat cuci jemur.

Kamar anak terletak di bagian depan rumah, dengan 1 kamar mandi di luar. Sedangkan kamar utama terletak di dekat void belakang rumah, dengan kamar mandi dalam.

Tata letak ruangan didesain semaksimal mungkin dan memperhatikan ventilasi dan sumber cahaya masuk.

ruang tamu simple

 

Ruang tamu yang simple diisi dengan perabot seperlunya sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Pemilihan sofa dan furnitur disengaja polos. Anda juga bisa mengimbangi dinding dengan beberapa wall decor yang dipajang.

 

Selanjutnya, menuju ke dalam rumah, terdapat ruang utama yang multifungsi yaitu sebagai ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

Perabot ruang makan dipilih seminimalis mungkin. Pada area bawah tangga, Anda bisa memaksimalkan untuk tempat penyimpanan sederhana dan tempat lemari pendingin.

Antara ruang tamu dan ruang makan ini terdapat dinding penyekat untuk area tangga. Bagian tangga juga didesain minimalis, dan diletakkan di sudut yang strategis.

Railing tangga dibuat unik, yaitu dibuat menerus ke atas hingga lantai 2.

 

Selanjutnya, di sudut yang lain terdapat ruang keluarga yang sederhana pula. Diisi dengan berbagai perabot minimalis seperti sofa, televisi, meja tv, serta buffet kecil.

Di bagian samping, terdapat folding door  yang mengarah pada taman belakang rumah. Sehingga, udara segar dan cahaya alami dapat masuk ke dalam rumah dengan maksimal.

Suasana yang sejuk tentunya menjadikan rumah semakin nyaman.

dapur simple sederhana

 

Di bagian samping ruang keluarga terdapat dapur dengan perabot minimalis pula.

Sebagai ventilasi, dinding dapur diberi jendela kecil yang mengarah ke depan rumah. Sehingga, asap masakan bisa langsung menuju ke luar rumah.

Kitchen set dengan aksen kayu ini membuat tampilan dapur terlihat bersih.

kamar utama elegan

 

Naik ke lantai 2, terdapat kamar tidur utama. Masih menggunakan konsep sederhana, kamar diisi dengan perabot minimalis.

Untuk menambah kesan modern dan elegan, salah satu sisi dinding kamar diberi hiasan panel dinding.

Selain tempat tidur, kamar utama juga dilengkapi dengan meja kerja dan televisi.

Sebagai tips, jika Anda menginginkan kamar utama dengan kamar mandi dalam, Anda bisa meletakkan lemari di bagian depan kamar mandi supaya kenyamanan dan kebersihan kamar tetap terjaga.

kamar anak simple minimalis

 

Selanjutnya, kamar tidur anak yang terletak di bagian depan rumah. Tempat tidur ditempatkan menghadap jendela supaya kondisi tempat tidur tidak menjadi lembab dan terhindar dari tungau.

Meja belajar juga ditempatkan di dekat jendela supaya disaat belajar mendapat cahaya yang memadai.

Konsepnya yang simple dan minimalis, ditampilkan pada perabot-perabotnya, seperti meja dan tempat tidur.

Cat dinding didesain menggunakan warna putih polos yang memberikan kesan bersih pada ruangan.

 

Pada bagian belakang rumah, terdapat ruangan terbuka yang dapat difungsikan sebagai taman.

Adanya taman di area belakang ini menjadi sumber udara yang segar. Sehingga, sirkulasi udara di dalam rumah menjadi baik dan sehat.

Sebagian dari ruang terbuka ini, ditutupi oleh atap kanopi yang transparan supaya cahaya tetap bisa menembus ke dalam rumah. Selain itu, atap kanopi ini berfungsi agar saat hujan turun, air tidak tempias ke dalam rumah.

 

Desain rumah modern sederhana diatas, bisa Anda jadikan referensi saat melakukan perencaanaan rumah Anda.

Setiap orang tentu memiliki banyak keinginan dalam mewujudkan rumahnya.

Berdiskusi dengan orang yang ahli di bidang perencanaan seperti arsitek akan membantu Anda memberikan gambaran secara realistis, mendetail, dan menyesuaikan keinginan Anda dengan kondisi di lapangan.

Artikel mengenai desain rumah 6×12 meter lainnya bisa anda cari di website ini.

Rhdesainrumah menawarkan jasa untuk Anda dan siap membantu Anda dalam mewujudkan rumah impian Anda. Jika anda tertarik menggunakan jasa kami, silahkan hubungi kontak kami yang tertera di website ini.

Semoga bermanfaat!

Like & Share Kami di Social Media

Leave a Reply