Tips Seputar Instalasi Air Bersih Rumah

Tukang umumnya bisa mengerjakan instalasi air bersih rumah, namun mungkin ada beberapa cara atau sistem yang kurang sempurna, artikel kali ini akan membahas tips instalasi air bersih yang baik.

Mungkin anda pernah mengalami masalah dalam rumah seputar air bersih, misalnya aliran air yang kurang lancar, kesulitan air saat kemarau, pipa pada keran yang pecah, atau lainnya. Alangkah baiknya anda mengetahui tips penting berikut supaya menghindari masalah-masalah tersebut. berikut ini beberapa yang perlu anda perhatikan.

1 Gunakan tandon bawah Tanah



Ini adalah masalah yang cukup klasik pada banyak rumah, yaitu kekurangan air ketika PAM tidak mengalir atau musim kemarau. banyak orang membangun rumah mengabaikan tandon bawah ini, sehingga jika kekurangan air anda menjadi kesulitan. Apalagi ketika membangun rumah anda hanya mementingkan tampilan atau harga yang murah saja, sementara itu faktor utama seperti instalasi air ini kurang diperhatikan. Tandon bawah ini memiliki fungsi penting yaitu sebagai cadangan air. Buat tandon air dengan kapasitas sekita 1500 liter atau lebih, ini akan sangat membantu anda untuk mencegah kekurangan air. Biaya untuk membuat tandon air di bawah ini tidak mahal yaitu kisaran 3 sampai 5 jutaan.

tandon untuk instalasi air bersih rumah

 

2 Gunakan toren di atas

Setelah anda memiliki tandon di bawah, tempatkan pompa air untuk menaikkan air ke toren di atas sehingga toren air di atas ini airnya selalu “ready”. Menggunakan toren di atas ini tentu sangat berguna supaya kita tidak terlalu sering / berulang-ulang menyalakan pompa ketika kita mandi. Karena menyalakan pompa berulang-ulang mengakibatkan boros listrik. Tips lainnya yaitu anda bisa menggunakan alat otomatis di dalam toren supaya jika air sudah penuh, maka pompa air akan mati dengan sendirinya.

toren instalasi air bersih

sumber gambar : mpoin.com

 

3 Gunakan pipa utama dengan ukuran 1inch

Jika rumah anda cukup besar, atau memiliki banyak penghuni, ada kemungkinan mereka menggunakan kamar mandi secara bersamaan. Untuk itu anda membutuhkan tekanan air yang lebih kuat supaya aliran air dapat merata. Gunakanlah pipa utama dengan ukuran 1 inch supaya aliran air pada tiap keran bisa lancar. Karena jika hanya menggunakan ukuran 3/4inch ada kemungkinan aliran airnya menjadi kecil. hal ini sangat penting sekali terutama lagi jika anda menggunakan water heater. Water heater membutuhkan tekanan air yang lebih kuat supaya air bisa naik ke mesin heater.

4 Gunakan pipa knee yang bagus / kuat dengan drat kuningan

Kita sering menjumpai keran pipa yang pecah atau patah di dalam dinding. hal ini tentunya sangat merepotkan, dan memperbaikinya terkadang menjadi rumit karena kita harus sedikit membobok dinding.

pipa dinding pecah

membetulkan pipa pecah

sumber gambar : pelajaricaranya.com

Untuk mencegah hal semacam ini gunakanlah knee pipa yang bagus, yaitu pada pipa tempat kita memasangĀ  keran. Gunakan pipa yang tebal merk bagus seperti Rucika dengan drat dalam dari bahan kuningan. Dengan menggunakan ini maka pipa akan cenderung tahan dan bagian drat tidak mudah karat. Hal ini tentunya untuk mencegah kejadian pipa pecah di dalam dinding seperti contoh gambar di atas.

knee-drat-dalam-rucika

Itulah tadi beberapa tips seputar instalasi air bersih rumah yang perlu anda perhatikan. Perlu diketahu bahwa instalasi air ini adalah termasuk bagian yang vital dalam rumah, untuk melakukan tips penting di atas tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Jadi pastikan kita mengutamakannya demi kenyamanan rumah anda sendiri.

Like & Share Kami di Social Media

Leave a Reply