Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit

Dari tahun ke tahun, harga properti semakin melambung. Selain harganya yang semakin naik,tanah atau lahan yang tersedia kini semakin sedikit. Banyak orang selalu berpikir bagaimana cara dan tips untuk bisa membangun rumah di lahan sempit.

Seprti yang kita tahu di kota besar tentunya lahan sangat terbatas, sehingga harga tanah di perkotaan menjadi sangat mahal. Mencari lahan dengan ukuran luas tentu sangat berat karena kita harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli tanah, belum lagi biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumahnya.

Kondisi ini membuat kita terpaksa membeli tanah kavling yang ukurannya lebih kecil. Untuk itu kita perlu tahu tips bagaimana membangun rumah di lahan sempit guna memaksimalkan lahan sempit yang ada.



Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit

Meskipun begitu, Anda tetap bisa memaksimalkan lahan sempit tersebut untuk membangun rumah yang nyaman dan indah. Untuk mewujudkan hal tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membangun rumah di lahan sempit.

  • Pilih Konsep Rumah Sedemikian Rupa

Pemilihan konsep dan desain rumah menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam membuat rumah di lahan yang sempit. Saat ini desain rumah yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah rumah minimalis.

Rumah minimalis dirasa paling cocok untuk menyiasati lahan sempit, minimalis ini mengusung kesederhanaan atau simple. Dengan gaya minimalis diharapkan ruangan tidak terlalu sempit atau tidak terlalu banyak perabot sehingga kita bisa gunakan sisa lahan untuk fungsi yang lain.

  • Desain Tata Letak Ruangan Sedemikian Rupa

 Saat masih merancang pembangunan rumah, ada baiknya Anda banyak mencari referensi dan berkonsultasi untuk menetapkan tata letak ruangan yang tepat. Mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dapur, taman, garasi, dan beberapa ruang tambahan lainnya.

Tata letak ruangan diupayakan untuk efisiensi ruangan yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang biasa dilakukan misalnya membuat rumah tingkat, mengatur tata letak ruangan dengan sirkulasi yang efisien, serta memainkan interior dan perabot dalam rumah.

Saat mendesain interior rumah, sebaiknya tidak dibuat dinding penyekat utamanya antara ruang tamu dengan ruang keluarga atau dapur dengan ruang makan. Hal ini dikarenakan karena  terlalu banyak sekat makin membuat rumah jadi bertambah sempit dan pengap.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut dan memerlukan sekat di setiap ruangan, Anda bisa desain dan buat sekat non permanen seperti dari gorden tipis untuk sekedar menghalangi pemandangan utuh ruangan satu dengan lainnya.

 Untuk menambah kesan luas bisa dilakukan beberapa trik, diantaranya membuat sekat yang tidak masif, misalnya partisi, atau bisa juga menempatkan dekorasi seperti cermin lebar sehingga tampilan cermin membuat kamuflase seolah nampak luas.

  • Jangan Ragu Untuk Menambah Lantai Tambahan Pada Rumah Anda

Rumah tingkat baik 2 maupun 3 lantai sudah sangat umum untuk rumah di kota, alternatif lain anda juga bisa membuat lantai rumah ini setengah saja.

Lantai dibuat tingkat setengah ini bisa kita sebut dengan lantai mezanine, ini adalah salah satu upaya untuk bisa menghemat space. Ruang mezanine ini bisa dimanfaatkan untuk kamar, anak, kamar tamu, maupun ruang kerja, atau mushola dan gudang. Lantai setengah ini dari luar bisa kelihatan rumah anda adalah dua lantai, namun sebetulnya di dalamnya ada 3 lantai.

  • Maksimalkan Pencahayaan Saat Mendesain Rumah

Memiliki rumah yang mungil membuat Anda harus memutar otak dalammemanfaatkan celah agar rumah tidak terasa sempit. Menggunakan teknik pencahayaan alami akan menciptakan kesan manipulatif.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan memaksimalkan cahaya alami seperti sinar dari Matahari. Pencahayaan rumah ini sangat penting sehingga walaupun ukuran ruangan anda sempit, namun masih bisa terlihat cerah dan lega.

Anda bisa mengganti dinding salah satu sisi rumah dengan kaca yang lebar sehingga bagian dalam rumah tersinari alami. Dengan begitu, Anda akan mendapat kesan rumah yang luas. Apalagi jika ditambah cat rumah yang mampu membawa kesan luas seperti warna putih.

Itulah tadi beberapa tips penting seputar bagaimana membangun rumah di lahan sempit, semoga bermanfaat.

Like & Share Kami di Social Media

Leave a Reply