Tips Memilih Furnitur Rumah yang Tepat

Furniture adalah hal yang penting dalam interior rumah. Furnitur ini bisa mempengaruhi berbagai macam aspek, terutama estetika dan fungsi ruang. Untuk itu dalam artikel ini kami berikan tips memilih furnitur yang tepat untuk rumah minimalis.

Memilih furnitur tidaklah sembarangan, terutama kita harus memperhatikan aspek fungsi dan kenyamanan ruang. Furnitur yang tepat haruslah bisa berfungsi dengan maksimal, dan tidak membuat ruangan terkesan sumpek. Contohnya kita membuat kamar belajar anak dengan ukuran ruangan 3×3 meter, tentunya kita pilih furnitur dengan ukuran yang tidak terlalu besar, tapi ergonomis dan nyaman digunakan untuk anak belajar.

Untuk rumah yang lebih mewah memilih furnitur bukanlah hal yang sederhana. Hal yang dipertimbangkan tentunya lebih banyak, apalagi rumah mewah memiliki budget yang lebih besar dimana kita semakin bisa untuk berkreasi dan menggunakan berbagai macam motif. Walaupun, memilih furnitur sebenarnya mudah-mudah saja, selama kita bisa mengetahui kebutuhan dan budget yang kita inginkan.



Khususnya untuk rumah minimalis, gunakanlah yang simple namun tetap fungsional, artinya tidak memakan terlalu banyak ruangan. Saat ini banyak sekali pilihan-pilihan furnitur rumah minimalis yang dijual baik di toko online, ataupun jasa interior yang bisa dicari di internet.

Tips Memilih Furnitur Rumah yang Tepat

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih furniture untuk rumah minimalis;

  • Perhitungkan Luas Rumah

Pemilihan furnitur haruslah sesuai dengan ukuran dimensi rumah. Sebuah rumah bertema minimalis tentulah membutuhkan furniture dengan ukuran minimalis. Adapun contoh menggunakan furnitur dengan layout bentuk L, dimana dia akan memaksimalkan ruangan sampai ke sudut sehingga lebih fungsional. Selain menghemat space yang tersedia, rumah kamu juga akan terlihat lebih rapi dan tidak boros tempat. Anda bisa memanfaatkan setiap space kosong yang ada pada sudut ruangan.

Pertimbangkan dengan realistis kebutuhan furnitur interior rumah anda. Setelahnya, barulah Anda dapat masuk ke tahapan lain, mulai dari pengukuran ruang luas, tinggi lantai dan plafon, bentuk dinding, dan sebagainya.

Sebagai contoh, ruang keluarga. Mengingat fungsinya sebagai tempat berkumpul  dan berbincang bersama, ada baiknya untuk memilih sofa yang nyaman dan sedikit besar tergantung pada jumlah keluarga dalam mengakomodasi fungsi tersebut. Pilih juga furnitur yang resisten terhadap resiko terkena noda tumpahan makanan atau minuman. Furnitur yang tepat sesuai dengan ukuran ruangan akan memberikan kesan ruang yang lebih luas.

  • Pemilihan Warna Furnitur

Saat memilih furniture dalam rumah minimalis, pilihlah warna yang serasi / harmonis dengan dinding ruangan. Tentunya sebelum itu kita juga harus mempersiapkan konsep ruangannya, yang berupa gambar desain interior.

Umumnya rumah minimalis menggunakan warna yang cenderung netral seperti putih atau abu-abu, atau jika ingin menggunakan warna cerah biasanya menggunakan warna pastel yang soft atau tidak terlalu mencolok.

Jika ingin menambahkan variasi supaya ruangan minimalis tidak monoton, kita bisa membuat warna yang mencolok tadi hanya sebagai aksen saja. Sehingga warna terang tersebut bisa menjadi daya tarik utama yang menonjol. Tentu saja furnitur dan warna tersebut harus menyatu supaya tidak terkesan timpang jika dilihat.

  • Pilih Furnitur Dengan Kualitas Baik

Furnitur dengan kualitas terbaik umumya memiliki harga yang terbilang tinggi, namun hal itu sesuai dengan apa yang ia tawarkan; keawetan, durabilitas, build quality, dan lain-lain.

Ada banyak bahan furnitur yang tersedia di pasaran. Namun Anda harus pintar-pintar dalam memilih bahan material furnitur yang akan ditempatkan di rumah minimalis. Salah satu bahan material yang menjadi rujukan dari kami adalah kayu jepara. Kayu jenis ini menjadi pilihan karena memiliki daya tahan yang lebih bagus, ketimbang bahan lain seperti alumunium atau kayu partikel.

Jika budget Anda tidak mampu untuk membeli furnitur berbahan kayu jepara, Anda boleh untuk memilih bahan material furnitur lainnya. Asalkan bahan finishingnya juga memiliki kualitas tinggi. Pilihlah furnitur yang memiliki finishing yang menawarkan ketahanan terhadap kotoran maupun debu, kemudahan perawatan, serta kualitas warna.

  • Sesuaikan Dengan Anggaran

Berkaitan dengan poin kedua, dalam memilih furnitur Anda harus bijak dalam mengeluarkan uang dalam membelinya. Namun Anda juga tidak disarankan untuk membeli furniture murah, sebab biasanya–hal tersebut akan berdampak pada kualitas yang diberikan.

Pertimbagkan juga mengenai budget yang harus direncanakan secara matang, supaya biaya pengerjaan interior tidak membengkak di kemudian hari. Beberapa tips yang harus Anda perhatikan, yakni:

  • Memilih perabotan yang hemat energi
  • Pilih warna netral atau tidak terlalu mencolok, tidak terlalu banyak motif, mengingat semakin bagus motifnya biasanya harganya cenderung lebih mahal.
  • Senantiasa mengecek label serta fitur garansi yang diberikan.

Itulah tadi beberapa tips singkat bagaimana cara memilih furnitur terutama untuk anda yang memiliki rumah minimalis, semoga bermanfaat.

Like & Share Kami di Social Media

Leave a Reply