Tips Menata Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan salah satu spot paling penting di rumah, karena letakknya di pusat denah rumah, dan juga merupakan tempat dimana penghuni rumah berlalu lalang, Ruang keluarga adalah ruang yang digunakan bersama untuk penghuni rumah, tempat untuk berkumpul. Bisa jadi ruang keluarga juga menambah suasana agar rumah tangga harmonis, untuk itu kenyamanan dalam ruangan ini perlu diperhatikan. Ruang keluarga bisa menggambarkan bagaimana sebuah keluarga terlihat harmonis ketika berkumpul bersama. Ketahui tips nya cara menata ruang keluarga agar terlihat rapi di artikel ini!

Supaya bisa berkumpul dengan keluarga secara nyaman, tentu saja kondisi badan juga harus sehat. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan adalah manata ruangan sedemikian rupa supaya rapi, tidak banyak debu, atau mudah dibersihkan. Ruangan yang berdebu cenderung mengakibatkan dampak yang kurang baik bagi kesehatran penghuninya.

Tips Menata Ruang Keluarga

Berikut ini kami sudah siapkan beberapa tips dalam menata ruang keluarga agar rapi dan nyaman.

  • Tentukan Furnitur Yang Sesuai

Memilih furnitur tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan atau fungsinya, di samping itu menentukan ukuran dan dimensi juga penting agar furniture yang kita pakai tidak terlalu besar atau kecil. Memilih furniture juga perlu mempertimbangkan modelnya atau coraknya disesuaikan dengan konsep interior yang diusung.



desain ruang keluarga tv partisi laser cutting grc motif kayu

Penyesuaian warna dari furnitur juga tidak boleh Anda lewatkan. Anda bisa memilih warna sofa yang senada dengan dinding. Warna pada furniture dapat dikombinasikan sesuai selera. Bisa dengan kombinasi warna, atau kombinasi motif seperti motif kayu atau klasik. Warna furniture sangat berpengaruh pada suasana ruangan, warna agak gelap atau cerah dapat digunakan sesuai dengan selera. Sebaiknya gunakan warna cerah jika ruangan pada rumah minim cahaya atau jendela agar tidak terlalu gelap.

  • Tata Furnitur Ruang Keluarga Sedemikian Rupa

Kalau anda memiliki ruang keluarga yang sempit, jangan khawatir! Masih ada cara untuk menata furnitur dengan baik agar ruangan terlihat lebih luas dan nyaman. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengakalinya.

Pilih furnitur yang multifungsi: Gunakan furnitur yang dapat berfungsi ganda, seperti sofa bed atau meja kopi dengan tempat penyimpanan di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa menghemat ruang dan tetap memiliki tempat duduk tambahan atau tempat penyimpanan yang praktis.

Pertimbangkan ukuran furnitur: Pilihlah furnitur dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruanganmu. Hindari menggunakan furnitur yang terlalu besar atau berlebihan karena dapat membuat ruangan terasa penuh dan sesak.

Manfaatkan dinding kosong: Jika anda kekurangan tempat penyimpanan, gunakan dinding kosong sebagai solusinya. Pasang rak dinding atau lemari gantung untuk menyimpan barang-barang tanpa harus mengorbankan lantai.

Kemudian, pilih meja ruang keluarga dan meja TV yang memanjang di hadapan sofa, supaya penggunaan ruang lebih efisien. Hindari menempatkan sofa atau kursi yang terlalu banyak atau terletak terpisah-pisah. Letakkan sofa berdempetan dan memanjang sehingga lebih optimal bisa digunakan beberapa orang sekaligus.

  • Tambahkan Dekorasi Yang Sesuai

Meletakkan dekorasi yang sesuai dengan rapi bisa membuat ruang keluarga menjadi lebih menarik, terlebih lagi jika kita memiliki barang-barang koleksi atau unik yang bisa ditampilkan. Bisa juga meletakkan bingkai foto atau lukisan gambar yang bagus sesuai dengan tema atau warna interior ruang keluarga.

Tidak hanya itu saja dekorasi yang menarik juga bisa berupa tanaman hias dalam pot yang bisa ditata di ruang keluarga. Pastikan juga ada cahaya yang masuk ke dalam ruangan cukup agar tanaman tidak mati, di samping itu  jendela atau bukaan juga menciptakan sirkulasi udara yang baik untuk ruangan.

  • Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan termasuk elemen yang paling penting dalam setiap ruangan, apalagi ruang keluarga. Aturlah pencahayaan sebaik mungkin pada ruangan ini. Berikan jendela yang cukup pada ruang keluarga, atau bisa juga openspace berupa taman indoor yang dekat dengan ruang keluarga. Jendela atau open space ini bisa memberikan cahaya alami yang cukup pada siang hari. Jika saat malam tiba, barulah menggunakan beberapa lampu hias untuk menerangi ruangan tersebut.

Itulah tadi beberapa tips singkat bagaimana menata ruang keluarga supaya lebih rapi dan terasa nyaman, semoga bermanfaat.

Like & Share Kami di Social Media

Leave a Reply